Kastara.id, Jakarta – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mengunjungi Indonesia akhir pekan ini. Ya, kabar tersebut dipastikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanantha Nassir sekaligus menjelaskan maksud kunjungannya.

Selain berlibur, kedatangan Obama ke Indonesia adalah memenuhi undangan dari Presiden Indonesia Joko Widodo saat keduanya melakukan pertemuan di Washington, tahun lalu. Dalam pertemuan saat itu, Jokowi mengajak Obama untuk datang berlibur ke Indonesia saat selesai menjabat sebagai Presiden AS.

Arrmanantha membenarkan rencana Obama liburan bersama keluarganya ke Indonesia. “Ini sebenarnya sudah diangkat oleh Presiden sejak tahun lalu. Kunjungan kenegaraan ke DC tahun lalu. Jokowi mengatakan, kalau sudah selesai bertugas, cari kesempatan berlibur, sehingga punya waktu ke Indonesia. Dua kali disampaikan Presiden. Juga secara tertulis mengundang Obama ke indonesia,” kata Arrmanantha.

Menurut Arrmanantha, Obama dan keluarga akan berada di Indonesia cukup lama. “Mungkin sekitar 10 hari. Ia akan ke Bali dan beberapa daerah. Karena liburan, ia tidak mau diganggu privasinya,” katanya, Selasa (20/6).

Mengenai pengamanan yang akan diberikan, Arrmanantha mengatakan, pengamanan akan berbeda dan tidak akan seketat saat Obama masih menjabat sebagai Presiden AS. Namun, lanjut Arrmanantha, untuk rincian lebih lanjut bisa ditanyakan kepada Sekertaris Negara.

Obama memang sangat akrab dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Obama sendiri dibesarkan di Jakarta setelah ibunya menikah dengan warga negara Indonesia, Lolo Soetoro. Tak heran jika Obama sangat menyukai beberapa makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, bakso, dan sate.

Rencananya Obama akan memulai liburannya di Bali mulai Jumat (23/6) tepat saat liburan Lebaran. Obama dan keluarga juga akan mengunjungi Candi Borobudur.
Selain itu, Obama juga akan memenuhi undangan dari Presiden Jokowi untuk makan siang di Istana Bogor dan akan membuka Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada 1 Juli mendatang.

“Selamat datang di Indonesia, Pak Barack!” (dwi)