Bagasi Pesawat

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pihaknya memutuskan menurunkan harga tiket pesawat untuk kelas penerbangan murah atau low cost carrier (LCC) dengan rute domestik. Namun Darmin menambahkan penurunan ini tidak berlaku menyeluruh, melainkan hanya pada jam-jam tertentu saja.

Keputusan tersebut diambil setelah Menko Perekonomian mengadakan pertemuan dengan pihak terkait di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (20/6).

Darmin menyebut rakyat banyak berkepentingan dengan penerbangan kelas LCC. Itulah sebabnya pemerintah mengambil kesimpulan dan merumuskan kebijakan penurunan harga tiket untuk kelas tersebut.

Sedangkan untuk kelas selain LCC, Darmin mempersilahkan jika maskapai masih tetap menjual tiket dengan harga mahal.

Meski demikian mantan Gubernur Bank Indonesia ini enggan menyebut berapa besaran penurunan dan penerbangan mana saja yang akan diturunkan. Ia berdalih kewenangan mengumumkan penurunan harga tiket diserahkan kepada masing-masing maskapai.

Sementra itu Sekertaris Menko Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, dalam pertemuan tersebut hadir beberapa pejabat terkait seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) yang diundang dalam peremuan tersebut diwakilkan kepada Direktur Niaga Pikri Ilham dan Direktur Operasi Bambang Adisurya. Sedangkan dari Lion Air Grup hadir Direktur Utamanya Edward Sirait.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut pimpinan PT Angkasa Pura 1, PT Angkasa Pura 2, dan PT Pertamina. (mar)