Kastara.ID, Jakarta – Corporate Secrertary Bank Mandiri Rohan Hafas memastikan tidak ada pengurangan saldo nasabah. Rohan mengakui sistem teknologi informasi Bank Mandiri sempat mengalami masalah pada Sabtu (20/7). Saat ini menurut Rohan, tim dari Bank Mandiri sedang melakukan upaya guna memperbaiki dan mengembalikan pelayanan kembali normal seperti sedia kala.

Rohan juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan para nasabah. Terlebih kondisi ini terjadi di akhir pekan, saat banyak nasabah yang menggunakan layanan perbankan untuk berakhir pekan dan berbelanja.

Jaminan keamanan saldo nasabah juga diungkapkan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. Pria yang akrab disapa Tiko mengatakan bahwa telah terjadi gangguan pada sistem. Akibatnya data nasabah ada yang berkurang lantaran adanya proses back office yang terganggu.

Tiko memastikan saldo nasabah akan kembali normal dalam waktu singkat. Tiko menyebut hanya butuh waktu beberapa jam untuk me-run sistem. Untuk itu, Bank Mandiri meminta nasabah tetap tenang.

“Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini, terjadi error pada data saldo 10% nasabah Bank Mandiri,” kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan.

Sebelumnya, dikabarkan telah terjadi perubahan saldo rekening nasabah Bank Mandiri. Dalam cuitan di laman media sosial twitter, banyak nasabah yang melaporkan saldonya berkurang drastis, bahkan ada yang menjadi nol. Nasabah pun beramai-ramai menghubungi call center Bank Mandiri, namun tidak mendapat jawaban yang memuaskan.

Ayuk, warga Cimanggis, Kota Depok mengaku saldo rekeningnya yang semula berjumlah Rp 50 juta tiba-tiba berubah menjadi nol. Sedangkan Mohamad Hidayat, warga Tangerang Selatan mengaku rekeningnya berkurang hingga Rp 1,8 juta. (mar)