Yudhistira Nugraha

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Pemerintah Negara Bagian Berlin, Jerman, bersama-sama menjalankan proyek ‘Perubahan Cerdas – Pengembangan Tata Kelola Perkotaan, Kesejahteraan dan Inovasi di Jakarta’. Didanai oleh Uni Eropa, kerja sama ini untuk menumbuhkembangkan solusi inovatif untuk perancangan kota yang berkelanjutan.

Kepala Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Yudhistira Nugraha menjelaskan, sebagai langkah awal kerja sama ini, program Perubahan Cerdas mengadakan sayembara digital untuk mengajak warga Jakarta mengembangkan solusi kreatif dalam menghadapi situasi pascapandemi.

“Melalui Future City: The Virtual Smart City Hackathon, para inovator lokal dan global diajak untuk menawarkan solusi yang dapat menjawab tantangan-tantangan di era pasca pandemi,” ujarnya, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Senin (20/7).

Hackathon dirancang untuk memotivasi dan membantu para peserta untuk memperluas jaringan mereka dengan:
1. Mengembangkan solusi yang berkaitan dengan tantangan-tantangan pemulihan pandemi dengan referensi dari berbagai tenaga ahli yang nantinya akan terintegrasi dengan program dan layanan Jakarta Smart City, dan
2. Mendapatkan kesempatan konsultasi serta bimbingan dengan para pebisnis, tenaga ahli dan pemodal ventura.

Tantangan-tantangan selama Hackathon berlangsung akan memuat tujuh indikator dari konsep Kota Cerdas di Jakarta, yakni Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, Smart Environment, dan Smart Branding.

Untuk membantu para peserta dalam mengembangkan solusinya, akan diselenggarakan paparan dari para ahli terkait tujuh indikator tersebut agar solusi yang ditawarkan menjawab tantangan pemulihan Jakarta pasca pandemi.

Hackathon ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan tujuan dari kerja sama “Perubahan Cerdas” sekaligus membantu menjawab tantangan pemulihan pandemi. Dengan prototipe yang dikembangkan selama Hackathon, diharapkan budaya kolaborasi dan inovasi bersama Jakarta Smart City akan semakin terbangun.

Untuk informasi dan pendaftaran, kunjungi: https://futurecity.jakarta.go.id/. (hop)