Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII)

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengapresiasi Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) yang telah menyerahkan bantuan 50 gerobak untuk pelaku UMKM. Bantuan ini secara simbolis diserahkan di Ruang Pola, Balai Kota Provinsi DKI (19/7).

Menurut Ratu, bantuan ini sangat tepat disalurkan kepada  pelaku usaha di lokasi binaan JS 24, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, karena lokasinya di pinggir jalan dan masih banyak pedagang yang belum punya gerobak.

“Kami sudah melakukan survey dan list lokasi, serta pelaku UMKM mana saja yang membutuhkan bantuan gerobak ini. Menurut kami, bantuan tahap pertama ini cocok dibagikan untuk lokbin JS 24,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, rencananya IKA UII akan memberikan bantuan tahap kedua yang akan disalurkan untuk UMKM dan Jakpreneur di kawasan Kota Tua.

“Bantuan tahap kedua kami rencanakan untuk pelaku UMKM di Kota Tua, karena saat ini sedang ada penataan kawasan,” bebernya.

Ia berharap, kolaborasi bersama IKA UII ini akan memotivasi kolaborator lainnya untuk membantu UMKM  DKI Jakarta. Sehingga ini dapat menjadi stimulus dalam memperbaiki kualitas pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

“Kita butuh multi stakeholder untuk bahu membahu membangun kota ini, salah satunya memajukan UMKM atau Jakpreneur,” pungkasnya.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat IKA UII, Syarifuddin menambahkan, pihaknya rutin melaksanakan bakti sosial di seluruh Indonesia, namun paling banyak di wilayah Jakarta. Bantuan usaha ini merupakan tahap pertama. Sebelum akhir 2022 nanti akan ada tahap kedua dengan jumlah yang sama 50 gerobak.

Dia juga mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang telah memberikan kesempatan bekerja sama untuk memajukan perekonomian pelaku UMKM.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan program pelatihan usaha dengan tema media sosial dan kehigenisasn dalam berjualan. Tujuannya untuk meningkatkan produk pelaku usaha.

“Mudah-mudahan para pimpinan Pemprov DKI tidak bosan melihat kami dalam melakukan aksi kegiatan sosial untuk kemasyarakatan ini,” tandasnya. (hop)