Booster

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta membuka sentra vaksinasi COVID-19 di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 20-24 Juli 2022 mulai pukul 13.00-21.00.

Sentra vaksinasi COVID-19 berada di Ramp Barat Halte Transjakarta. Adapun merek vaksin yang disediakan yakni Sinovac, Pfizer, dan AstraZeneca.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan, akan disediakan layanan vaksinasi di dua titik lokasi tambahan pada Ahad (24/7) mendatang yakni Ramp Timur dan West Lobby lantai 1.

“Rabu sampai Minggu sentra vaksinasi di Ramp Barat halte TJ. Khusus Minggu, akan disediakan vaksin dan swab di dua titik lainnya, tepatnya Ramp Timur dan West lobby lantai 1 pukul 13.00-21.00,” ungkap Ngabila (19/7).

Ia menjelaskan, warga berusia 18 tahun ke atas dapat memanfaatkan layanan vaksinasi di JIS tersebut. Bagi warga yang ingin menerima vaksin booster wajib memiliki tiket vaksin ke-3 di aplikasi PeduliLindungi.

“Jarak minimal dari dosis ke-2 adalah tiga bulan,” ucap Ngabila.

Ngabila menambahkan, vaksinasi booster terbukti meningkatkan jumlah antibodi, mencegah sakit COVID yang berat dan meninggal. Saat ini, vaksinasi booster menjadi syarat menghadiri kegiatan berskala besar yang dihadiri lebih dari 1.000 orang, selain untuk perjalanan dalam dan luar negeri.

“Ada sedikit peningkatan kasus kematian COVID-19 di Jakarta dalam dua minggu terakhir, semuanya berusia di atas 40 tahun dengan komorbid dan belum mendapatkan vaksin booster,” tandasnya. (hop)