Esjepequote#512

Nabi Muhammad saw melarang seseorang untuk masuk ke suatu daerah yang sedang terjadi wabah penyakit di daerah tersebut. Begitu juga saat wabah itu menyerang sedangkan dia berada di dalam daerah yang terkena wabah, maka dia tidak boleh keluar dari daerah itu.

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطَّاعُونُ آيَةُ الرِّجْزِ ابْتَلَى اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ بِهِ نَاسًا مِنْ عِبَادِهِ فَإِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ فَلَا تَدْخُلُوا عَلَيْهِ وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَفِرُّوا مِنْهُ (رواه البخاري)

Dari Usamah bin Zaid dia berkata; Rasulullah Saw bersabda: “Tha’un (penyakit menular/wabah) adalah suatu peringatan dari Allah yang Maha Perkasa untuk menguji hamba-hamba-Nya dari kalangan manusia. Maka apabila kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari daripadanya.” (HR. Bukhari)

Orang yang meninggal karena wabah suatu penyakit akan mendapatkan pahala mati syahid bila ia bersaksi akan keimanan kepada Allah ketika hidup, berikhtiar, juga sabar, dan tawakal akan datangnya wabah tersebut.

Ikhtiar itu kewajiban. Pakai masker/menjaga kebersihan/pola hidup sehat/menjaga jarak, yang sehat menjaga jarak dari yang sakit, yang sakit menjaga jarak dari yang sehat, isolasi/vaksinasi adalah ikhtiar.

Begitu #katagurusaya ??

Salam,

#menjagajarakituikhtiar #esjepequote #quotesislami #fromthedeskofiwanesjepe #bogor #streetart #bogor #wfh #sajak #puisi #bogor #bogorhits #bogorkuliner #indonesia #bogortraveller #bogorkeren #jagajarak #jlsuryakencanabogor #pesanpendek #quotes #quotesindonesia #muslimwayoflife