Turut mendampingi dalam prosesi pelepasan start tersebut, Direktur MRT Jakarta, Tuhiyat dan Presiden Intelligent Transport System (ITS) Indonesia, William P Sabandar.

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, Jakarta Half Marathon 2023 diikuti 9.700 peserta terdiri dari kategori 20K, 10K, dan 5K.

“Kegiatan ini dapat mempromosikan kota Jakarta sekaligus ajakan bagi masyarakat untuk menggunakan transportasi umum,” ujarnya.

Heru menjelaskan, setelah Jakarta Half Marathon akan ada lomba full marathon yang diselenggarakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada Oktober mendatang.

“Sesuai saran Pak Menhub tidak kali ini saja, tapi bisa event sekian bulan kita adakan lagi,” terangnya.

Sementara Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengaku terharu atas digelarnya Jakarta Half Marathon karena para peserta begitu antusias.

“Saya mengapresiasi, menunjukkan kegiatan ini relevan sekali. Mungkin kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan tidak setahun sekali, tapi beberapa kali setahun. Makin sehat tidak perlu ke rumah sakit,” tandasnya. (hop)