Celebes Expedition & Overland 2017

Kastara.id, Jakarta – Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Roesmanhadi akan ikut ambil bagian di ajang Celebes Expedition & Overland 2017 yang akan berlangsung 7-21 Oktober mendatang dengan rute dari Kendari dan berakhir di Makassar. Keikutsertaannya kali ini merupakan yang kesekian kalinya dalam menyalurkan hobi petualangannya.

Jiwa petualangannya terus dilakukan sejak masih duduk di bangku sekolah. Roesmanhadi muda aktif mengikuti kegiatan kepanduan hingga saat masih aktif membawahi Kepolisian Republik Indonesia dengan mengunjungi berbagai pelosok air menggunakan kendaraan off-road yang dimilikinya. Sambil melampiaskan hobinya, Roesmanhadi kemudian bergabung dengan Indonesia Off Road Federation (IOF) hingga masa pensiun.

Ajang ini pun bukan sesuatu yang baru buat lelaki gaek kelahiran Madura 71 tahun lalu. Apalagi kegiatan ekspedisi menggunakan kendaraan off road sudah diikutinya sejak tahun 2012 yaitu saat menjadi peserta IOX pertama dengan rute Bukit Tinggi-Palembang, kemudian tahun 2013 Sabang-Medan, Lahat-Monas (2014), Jakarta-Surabaya (2015), dan Yogyakarta-Bali (2016).

Awalnya kehadiran mantan Kapolri era Habibie di acara konferensi pers Celebes Expedition & Overland 2017 yang diadakan di Citywalk Kuningan, Jakarta, Minggu (17/9), adalah sebagai tamu undangan. Roesmanhadi yang didaulat memberikan support kepada para peserta, tiba-tiba jiwa petualangannya muncul. Ia pun mengajukan diri untuk kembali dan mencoba keinginannya ikut di ajang ini sambil melihat kondisi lutut serta pinggangnya yang masih dalam perawatan.

Pesan Roesmanhadi kepada peserta yang ikut dalam acara ini adalah agar selalu menjaga kesehatan. Dengan melihat kondisi medan yang akan dilalui cukup sulit serta waktu tempuh yang cukup lama sehingga perlu mempersiapkan kendaraan yang prima serta perlengkapan dan logistik yang lebih. (koes)