Angka Kemiskinan

Kastara,id, Batam – Dirjen Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung menjelaskan bahwa untuk menurunkan angka kemiskinan tidak semata hanya karena perbaikan pada data saja, namun juga pada sistem birokrasi penyaluran bantuan sosial Pangan yang baik.

Hal tersebut diungkapkannya pada Penguatan Kapasitas Pendampingan Bantuan Sosial Pangan Wilayah I Tahun 2018 dengan tema “Membangun Sinergitas dalam Proses Salur Cepat, Tepat dan Akurat” di Harmoni One Hotel & Convention Center Batam (19/10).

“Sejak 2017 Dinas Sosial di daerah menangani pengawasan Bantuan Sosial Pangan. Tadinya Dinas Sosial hanya menonton saja, lalu sekarang peraturannya diubah bahwa Sekretaris Daerah sebagai Ketua Tikornya lalu Kepala Dinas Sosial baik di provinsi maupun kota sebagai Sekretaris Tikor,” ujar Dirjen PFM.

Dirjen PFM mengungkapkan bahwa sebelumnya pihaknya mau membuat Ketua Tikor langsung adalah Kepala Dinas Sosial. Namun dikhawatirkan jika Kepala Dinas Sosial menjadi Ketua Tikor maka saat mengundang rapat banyak pihak yang tidak akan datang.

“Sehingga akhirnya kita putuskan bahwa Sekda yang menjadi Ketua Tikor sebab lebih operasional,“ tegas Dirjen PFM. (mar)