Kastara.id, Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali hadir dengan terobosan baru dengan diluncurkannya perangkat elektronik inovasi komunikasi, informasi dan edukasi publik berupa kemudahan akses informasi dan penyampaian pengaduan/aspiransi kepada BPOM.

Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi atau pengaduan terkait obat, makanan, minuman kosmetik, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan bahan berbahaya. Inovasi tersebut berupa Aplikasi layanan publik berbasis android (Halo BPOM Versi Mobile).

Keunggulan aplikasi Halo BPOM versi Mobile yaitu masyarakat dapat secara langsung menyampaikan keluhan atau meminta informasi kepada BPOM kapanpun dan di manapun, selama android terhubung dengan akses internet. Aplikasi juga dilengkapi dengan fasilitas upload foto/file pada fitur pengaduan/permintaan informasi.

Selain itu, masyarakat juga dapat melihat daftar/riwayat interaksinya dengan pihak BPOM saat menyampaikan keluhan atau meminta informasi termasuk waktu yang digunakan BPOM dalam memberikan respon atau jawaban kepada masyarakat sampai dengan interaksi dinyatakan selesai (closed) oleh masyarakat.

Keunggulan lain yang tersedia pada aplikasi Halo BPOM versi Mobile antara lain adanya fitur yang menyediakan informasi terkini yang dikeluarkan oleh BPOM setiap saat. Informasi yang disediakan tersebut telah diolah oleh sumber daya yang kompeten dan disajikan dalam format yang menarik dan sederhana sehingga memudahkan masyarakat dalam membaca dan memahaminya.

Para pengguna aplikasi Halo BPOM versi Mobile juga dapat memperbaharui profilenya seperti mengubah username, password, alamat, dan lain-lain. Kerahasiaan dan kevalidan data pengguna aplikasi dapat terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur lupa password yang berfungsi untuk membantu masyarakat apabila lupa password ketika log in. Dengan tersedianya aplikasi tersebut diharapkan masyarakat  lebih mudah menghubungi BPOM. (nad)