Christmas Carol

Kastara.ID, Jakarta – Ada susana baru di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta. Pasalnya sepanjang jalan protokol ibukota itu penuh dengan nuansa Natal. Pernak-pernik Natal ini menjadikan suasana Jakarta tak ubahnya kota-kota besar di Eropa saat memasuki hari-hari menjelang hari raya umat Kristiani itu.

Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat membenarkan bahwa Pemprov DKI Jakarta menggelar perayaan Natal di tempat terbuka. Hendra menjelaskan, beberapa jalan protokol akan dihiasai dekorasi khas Natal. Selain itu digelar pula paduan suara di beberapa kawasan utama ibukota. Menurut Hendra, acara tersebut sebagai bagian dari upaya menjadikan Jakarta sebagai kota global dan mendukung gelaran Christmas in Jakarta.

Hendra menjelaskan, acara yang berlokasi di 11 titik sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin itu dilaksanakan pada 18-20 Desember 2019, mulai pukul 17.00 WIB hingga 19.00 WIB. Beberapa titik yang menjadi lokasi acara Christmas Carol adalah depan Grand Hyatt, Terowongan Kendal, Taman Dukuh Atas, Sampoerna, dan FX Senayan. Selain itu juga di depan Mayapada, Panin, Stasiun MRT Bundaran HI, Stasiun MRT Istora, Stasiun MRT Blok M, serta Stasiun MRT Cipete Raya.

Sedangkan pohon Natal berukuran besar akan ditempatkan di Thamrin 10 dan Lapangan Banteng pada 18-31 Desember 2019.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan (19/12), kegiatan Christmas Carol di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin dilaksanakan sebagai upaya membangun kebersamaan di masyarakat. Anies menyebut pihaknya ingin menghadirkan kebersamaan dan kesetaraan di masyarakat. Tujuannya adalah menghadirkan suasana kedamaian dan persatuan.

Anies menjelaskan, Christmas Carol di trotar ibukota juga wujud dari prinsip keadilan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mencontohkan pada perayaan Idul Fitri dan Idul Adha umat Islam selalu merayakan dengan takbir keliling. Demikian pula saat digelarnya Jakarta Muharram Festival 2019 beberapa saat lalu. Sedangkan bagi umat Hindu India, Pemprov DKI Jakarta juga menyelenggarakan Festival Cahaya (Deepavali) 2019/5121 Kaliyuga. (hop)