KBRL

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menggelar sosialisasi penggunaan kantong belanja ramah lingkungan (KBRL) di Pelabuhan Kaliadem, Penjaringan, Jakarta Utara. Ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Kepulauan Seribu, Endro Mukti Wibowo mengatakan, kegiatan dilakukan dengan cara menyosialisasikan penggunaan KBRL kepada para wisatawan dan calon penumpang kapal. Tak hanya itu, petugas juga menggelar razia sampah serta menukarkan kantong plastik bawaan penumpang dengan KBRL.

“Kami juga bagikan kantong belanja ramah lingkungan,” ujar Endro, Ahad (21/2).

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti Pergub No 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup RW dan Pergub DKI Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko, Swalayan dan Pasar Rakyat.

“Hasil dari razia sampah plastik yang dihasilkan dari kegiatan ini akan didaur ulang untuk minyak bahan bakar, serta kerajinan tangan,” tandasnya. (hop)