Kaatara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Limo membuka kembali sejumlah pelayanan kesehatan di masa pandemi Covid-19, di antaranya pelayanan kesehatan gigi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), calon pengantin selain juga pelayanan Covid-19.

Kepala UPTD Puskesmas Limo, Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, pelayanan dibuka kembali karena pembangunan gedung puskesmas yang diperluas telah selesai dikerjakan. Dengan demikian, puskesmas dapat menampung pasien lebih banyak namun dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Per 1 April 2021 layanan sudah semakin dimaksimalkan. Perluasan gedung sudah rampung, sehingga beberapa layanan kesehatan sudah bisa dibuka kembali,” katanya seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok (20/4).

Winarni menjelaskan, pelayanan gigi dibuka hari Senin hingga Sabtu pukul 08.00-11.30 WIB. Kemudian pelayanan KIA hari Senin hingga Sabtu pukul 08.00-11.30 sesuai jadwal.

“Untuk KIA Senin dan Kamis untuk pemeriksaan kehamilan dan laboratorium, Selasa dan Jumat layanan KB dan IVA, Rabu Imunisasi dan MTBM dan Sabtu kunjungan pasca persalinan, neonates, tindik bayi dan konsultasi,” jelasnya.

Sedangkan untuk pelayanan gigi meliputi penambalan, perawatan dan pencabutan. Namun, untuk pembersihan karang belum bisa dilakukan oleh Puskesmas Limo.

Dikatakannya, pelayanan calon pengantin dibuka setiap hari Selasa pukul 08.00-11.30. Kemudian terakhir pelayanan Covid-19 dibuka hari Senin hingga Kamis dengan dua sesi, sesi pertama pukul 08.00-11.00 dan sesi kedua pukul 14.00-17.00.

“Pada hari Jumat dan Sabtu pelayanan juga dilakukan dua sesi. Sedangkan Minggu dibuka pukul 08.00-11.00. Kami sudah dapat memisahkan pelayanan infeksius dan non infeksius. Jadi warga silakan ke puskesmas dengan tetap menerapkan prokes seperti menggunakan masker,” tandasnya. (dha)