Kastara.ID, Madrid – Pabrikan asal Jepang, Honda, akhirnya kembali meraih kemenangan di MotoGP, setelah pembalap Spanyol, Alex Rins, melintasi garis finis pertama dalam balapan MotoGP Amerika Serikat, Ahad (16/4) lalu.

Walaupun dengan tim satelit, Honda berhasil kembali memenangkan balapan, setelah terakhir kali pada tahun 2021 di seri San Marino oleh pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Mantan Direktur Olahraga tim satelit LCR Honda, Oscar Haro memberikan analisisnya tentang situasi Honda saat ini setelah kemenangan Rins di Austin.

Haro sangat memuji performa Rins selama akhir pekan seri ketiga kemarin.

“Pembalap yang memenangkan dua balapan di akhir pekan, atau hampir menang keduanya, adalah pembalap yang sangat lengkap dan Álex Rins telah menunjukkannya,” ungkap Haro kepada Diego Lacave dan Nico Abad di Twitch, dan dilansir Motosan.es.

“Rins tidak pernah menyerah dan menekan Pecco, itulah kecerdasan seorang pembalap. Tapi sekarang kita harus melihat apakah dia tidak melakukan seperti Bezzecchi, menuju ke Jerez dan tak dapat menang lagi. Saya selalu mengatakan bahwa kejuaraan dimulai di Jerez, motor sudah terpasang saat Anda tiba di Eropa. Sesuatu yang mirip dengan apa yang terjadi di Jerez adalah bagaimana kejuaraan biasanya berakhir,” imbuhnya.

Haro juga memberikan pendapatnya tentang masa depan Honda untuk 2024. Jika Rins terus menunjukkan performa yang lebih baik dari pembalap Repsol Honda, Joan Mir, maka pembalap bernomor #42 itu bisa menggeser mantan tandemnya itu dari tim pabrikan.

“Saya tidak meletakkan tangan saya di atas meja, tapi saya pikir ada kontrak di HRC yang mengatakan bahwa pembalap yang tampil lebih baik dari mantan Suzuki (Rins dan Mir) pasti akan bertahan di Repsol tahun depan. Joan harus memberikan hasil karena kalau tidak dia akan dilempar ke LCR tahun depan,” lanjut Haro.

Seperti diketahui, MotoGP 2023 baru bejalan tiga seri. Jadi masih banyak kesempatan untuk membuktikan diri yang terbaik di antara Mir dan Rins musim ini.

Namun pendapat Haro masih sebatas kemungkinan strategi Honda untuk 2024 dan belum pasti seperti itu.

Bisa saja Rins akan benar-benar menggantikan Mir tahun depan di Repsol Honda. (tra)