Pangan

Kastara.ID, Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke salah satu pasar swalayan di Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Sidak dilakukan untuk memastikan produk pangan yang dijual di lokasi memenuhi standar kesehatan dan aman dikonsumsi masyarakat.

Kepala BPOM DKI Jakarta Safriansyah mengatakan, pemeriksaan produk pangan rutin dilaksanakan menjelang Lebaran. Termasuk di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih mengancam Ibukota.

“Sidak kami lakukan untuk melindungi masyarakat dari produk yang tidak memenuhi standar kesehatan,” ujarnya (20/5).

Safriansyah menuturkan, dalam sidak kali ini, pihaknya mengerahkan belasan personel dan satu unit mobil laboratorium. Pemeriksaan sendiri difokuskan pada tanggal kadaluarsa, izin edar, kemasan, alamat produsen dan lain sebagainya.

Beberapa sampel makanan basah, kue dan tahu juga langsungĀ diuji cepat agar diketahui apakah ada kandungan zat berbahaya atau sebaliknya.

“Dari hasil pemeriksaan dan uji cepat, kami tidak menemukan adanya produk makanan yang tidak sesuai ketentuan,” tandasnya. (hop)