Kepala Bidang Kelautan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Imam Fitrianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk pemulihan ekosistem terumbu karang di Kepulauan Seribu.

Perairan Jakarta dinilai mempunyai kekayaan dan keragaman hayati yang cukup tinggi, sehingga sangat penting untuk dijaga dan dipertahankan.

“Kami akan melaksanakan transplantasi terumbu karang di Kepulauan Seribu Selatan seluas 0,76 hektare dengan melibatkan warga yang dikoordinatori DP-LBM,” kata Imam, Rabu (21/6).

Imam menjelaskan dengan penanaman transplantasi terumbu karang akan ada efek berantai salah satunya meningkatnya sumber daya ikan di lokasi penanaman transplantasi terumbu karang tersebut, sehingga menambah mata pencarian nelayan.

“Kami harap kelompok DPL-BM dapat berperan serta dalam pelaksanaan transplantasi karang dan sekaligus menjaganya,” ujarnya.

Camat Kepulauan Seribu Selatan, Angga Saputra menilai, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah bersama masyarakat dalam menjaga kelestarian biota laut.

Transplantasi terumbu karang ini diharapkan dapat memberikan manfaat lingkungan, sosial dan ekonomi yang berkelanjutan.

“Sudah seharusnya semua berperan menjaga alam bawah laut,” tuturnya.

Sedangkan Ketua Sub Kelompok Tata Kelola Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Supriyadi menerangkan, kegiatan ini diikuti 34 anggota DPL-BM yang berasal dari Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Lancang.

Dalam kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan para ahli dari Universitas Djuanda dan IPB University dalam pemaparan materi transplantasi karang tersebut.

“Kami harap anggota mengimplementasikan kegiatan ini,” tandasnya. (hop)