Daun Mangkokan

Kastara.ID, Jakarta – Daun Mangkokan sudah sangat dikenal di Indonesia. Bukan hanya oleh pencinta tanaman tapi juga orang awam. Pasalnya tanaman ini mempunyai bentuk yang sangat khas. Daunnya cekung seperti mangkok. Itulah sebabnya tanaman ini disebut sebagai Daun Mangkokan.

Selain itu tanaman Daun Mangkokan dikenal sangat mudah tumbuh. Itulah sebabnya tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman pagar atau penghias halaman rumah.

Ternyata selain untuk memperindah taman atau halaman, Daun Mangkokan juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Lalu apa manfaat Daun Mangkokan untuk kesehatan?

Sesuai namanya, tanaman ini mempunyai daun berbentuk cekung seperti mangkok. Daun Mangkokan diketahui memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Itulah sebabnya Daun Mangkokan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Mengkonsumsi Daun Mangkokan secara rutin dapat menghindarkan kita dari gangguan pencernaan seperti sembelit, diare dan buang air kecil tidak lancar.

Daun Mangkokan juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi adalah mineral yang baik untuk memperlancar peredaran darah. Itulah sebabnya mengkonsumsi Daun Mangkokan dapat mencegah tubuh mengalami penyumbatan pembuluh darah. Selain itu Daun Mangkokan dapat membantu mengoptimalkan pasokan darah dan oksigen ke dalam organ-organ tubuh.

Kandungan zat besi dalam daun mangkokan juga dapat menghindarkan kita dari anemia atau kurang darah. Anemia biasanya ditandai dengan rasa lemas, letih, mudah lelah, pusing dan sakit kepala. Selain itu tubuh sering merasa dan mudah terserang penyakit. Rutin mengkonsumsi Daun Mangkokan diyakini dapat menghindarkan kita dari kondisi-kondisi tersebut.

Daun Mangkokan juga kaya akan vitamin A. Itulah sebabnya daun mangkokan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi daun mangkokan bisa menghindarkan kita dari penyakit katarak, mata minus, dan rabun.

Sedangkan kandungan vitamin C dalam Daun Mangkokan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu tubuh juga bisa terhindar dari penyakit flu dan sariawan.

Daun Mangkokan juga memiliki kandungan vitamin D, kalsium dan fosfor. Ketiganya dikenal sebagai zat yang bisa menyehatkan dan memperkuat tulang. Bagi anak-anak atau remaja yang masih dalam masa pertumbuhan, mengkonsumsi Daun Mangkokan dapat membantu menambah tinggi badan.

Untuk mengkonsumsi Daun Mangkokan caranya tidak sulit. Daun ini bisa dijadikan lalapan dengan cara direbus atau diolah menjadi aneka masakan seperti tumis Daun Mangkokan. (ant)