Coronavirus

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Suharyanto meminta semua pihak agar mengantisipasi munculnya virus Corona AY.4.2. Pasalnya, varian ini sudah masuk ke negara Malaysia dan Singapura.

Suharyanto menyampaikan hal tersebut di sela rapat koordinasi penanganan banjir di Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Kantor Gubernur Kalteng, Palangkaraya.

“Varian AY.4.2 sudah mulai masuk ke Malaysia. Ini yang harus kita antisipasi. Negara-negara di Eropa kasus Covid-19 sudah naik,” ucap Suharyanto dalam keterangan tertulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ahad (21/11).

Suharyanto juga meminta seluruh unsur mengantisipasi adanya dua momentum yakni Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 (nataru).

Menurutnya, dua momentum itu dapat mendorong masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan, hinnga dapat memicu terjadinya kerumunan yang kemudian diikuti dengan peningkatan kasus aktif COVID-19.

“Sejak pandemi COVID-19, yang namanya Nataru kita belum berhasil melewatinya tanpa kenaikan kasus. Mudah-mudahan untuk tahun ini kita bisa berhasil. Kalaupun ada peningkatan maka tidak terlalu drastis dan segera dapat diatasi,” tuturnya.

Guna mengantisipasi adanya potensi kenaikan kasus dari dua faktor tersebut, Suharyanto juga meminta seluruh pihak untuk terus mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Jadi protokol kesehatan ini terus dijaga. Jangan sampai nanti muncul klaster lagi, utamanya di pengungsian. Kalau tidak punya, akan dibagikan secara gratis!” tukasnya. (ant)