Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, perolehan medali emas DKI Jakarta sudah tidak mungkin terkejar oleh Jawa Tengah yang berada di posisi kedua maupun Jawa Timur yang saat ini ada di posisi tiga.

“DKI Jakarta sudah berhasil meraih sebanyak 66 emas. Sementara Jawa Tengah masih 30 emas dan kompetisi hanya menyisakan 16 nomor pertandingan lagi,” ujarnya, Selasa (21/11).

Andri merasa bersyukur karena DKI Jakarta berhasil mempertahankan gelar Juara Umum. Lebih istimewa lagi sejumlah cabor juga berhasil menjadi Juara Umum, seperti renang, silat, bulu tangkis, dan catur.

“Alhamdulillah, atas perkenan Allah, DKI Jakarta berhasil menjadi Juara Umum di POMNas XVIII, Kalimantan Selatan. Hingga pagi ini perolehan medali sudah 66 emas, 32 perak, dan 35 perunggu,” ungkapnya.

Menurutnya, raihan prestasi ini harus disikapi secara positif oleh para atlet agar ke depan bisa meraih prestasi lebih tinggi lagi pada kompetisi-kompetisi berikutnya baik di level nasional maupun internasional. Sehingga bisa tidak hanya membawa nama baik DKI Jakarta, tapi juga mengharumkan Indonesia di tingkat dunia.

“Paling dekat kita akan ada PON XXI di Aceh dan Sumut tahun depan. Ini juga harus dipersiapkan secara baik agar Jakarta juga bisa menjadi Juara Umum,” terangnya.

Andri mengingatkan kepada para atlet agar terus giat berlatih, selalu berdoa, serta meminta restu kepada orang tua agar semua yang dicita-citakan dapat tercapai.

“InsyaAllah atlet-atlet DKI, atlet Indonesia, pasti bisa bersaing dengan atlet luar negeri di kancah internasional. Sukses Jakarta untuk Indonesia,” ucapnya.

Ia meminta, atlet yang masih menjalani pertandingan di POMNas XVIII untuk tetap fokus menambah koleksi medali emas untuk DKI Jakarta.

“Jangan terlena, jangan sombong dan lengah meski target 66 emas di POMNas ini sudah tercapai. Saya selalu menyampaikan jadilah atlet yang bisa dibanggakan orang tua, nusa dan bangsa dengan meraih hasil maksimal,” bebernya.

Andri menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur, Heru Budi Hartono berkomitmen untuk memberikan perhatian dan apresiasi kepada atlet peraih medali yang sudah mengharumkan Jakarta.

“Pasti akan diberikan apresiasi terbaik. Para atlet ini sudah membawa nama baik Jakarta dan warga Jakarta,” tuturnya.

Andri menyampaikan apresiasi dan Terima kasih kepada Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono; Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, para asisten dan deputi serta OPD terkait yang sudah sangat memberikan dukungan.

“Tidak kalah penting saya sampaikan terima kasih kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Ketua Komisi E, dan Legislator DPRD DKI Jakarta. Terima kasih juga yang tak terhingga kepada seluruh warga Jakarta yang telah mendoakan dan mendukung atlet-atlet DKI Jakarta sehingga kembali menjadi Juara Umum di POMNas,” kata Andri.

Sementara Chef de Mission Kontingen DKI Jakarta di POMNas XVIII, Abdul Sukur merasa bangga dengan prestasi yang berhasil diraih atlet Jakarta sekaligus mengantarkan Jakarta menjadi Juara Umum 18 kali berturut-turut.

“Alhamdulillah, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas perjuangan para atlet dan semua yang terlibat dan memberikan dukungan serta doa di POMNas tahun ini,” tegasnya.

Seluruh atlet, imbuh Abdul Sukur, sudah berjuang memberikan penampilan terbaik dengan semangat sportivitas yang tinggi.

“Saya menyaksikan langsung pertandingan di semua venue cabor. Alhamdulillah, pertandingan berjalan dengan penuh semangat berprestasi dan menjunjung sportivitas tinggi,” tandasnya. (hop)