Ekspor

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, beberapa sebab barang impor naik. Salah satuya adalah ekonomi digital yang membuat barang dari luar negeri mudah masuk.

“Dengan adanya ekonomi digital memungkinkan masuknya barang-barang dari luar secara lebih mudah ke Indonesia. Lebih lancar,” kata dia di Jakarta (20/12).

Fenomena ini, menurutnya, terjadi di industri tekstil dan industri lain. Dia menggambarkan dunia usaha mengalami tekanan yang cukup besar.

“Oleh karena itu saya minta ke semua pejabat untuk benar-benar mewaspadai. Apakah yang masuk (di dalam negeri) benar-benar legitimate dari sisi proses, dari sisi pajak yang harus dibayarkan dan dari sisi kemampuan dari masyarakat atau industri kita untuk berkompetisi secara fair dengan barang-barang yang berasal dari luar,” kata dia.

Dia mengingatkan kepada seluruh jajaran, khususnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk lebih mewaspadai serbuan barang ilegal. “Saya juga ingin sampaikan pesan bapak presiden (Presiden Joko Widodo) untuk kita menjadi penjaga perekonomian dari sebuan barang-barang ilegal maupun impor akibat terjadinya perang dagang,” kata dia. (mar)