Partai Nasdem

Kastara.ID, Jakarta – Nasdem diperkirakan akan mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Menurut Pengamat Politik Komunikasi Universitas Esa Unggul Jakarta M Jamiluddin Ritonga, ada pertimbangan Nasdem mengusung Anies.

“Pertama, ada kedekatan historis antara Nasdem dengan Anies. Gubernur DKI Jakarta ini salah satu pendiri Nasdem saat masih menjadi Ormas,” ujar pengamat yang kerap disapa Jamil ini, Selasa (21/12).

Kedekatan historis itu membuat Ketua Umum Nasdem Surya Paloh percaya kepada Anies. Kepercayaan itu tampaknya semakin menguat setelah Anies menunjukkan prestasinya selama menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Kedua, elektabilitas Anies memang tinggi. Hal itu ditunjukkan hasil survei dari lembaga survei yang memang kredibel.

“Elektabilitas yang tinggi itu setidaknya menggaransi Anies untuk berpeluang memenangkan Pilpres. Hal ini menambah keyakinan Nasdem untuk mengusung Anies dalam Pilpres 2024,” ungkap Jamil.

Kalau Nasdem mengusung Anies, tentu jadi berkah buat partai besutan Surya Paloh. Sebab, pendukung fanatik Anies yang begitu besar setidaknya sebagian di antaranya suaranya akan ke Nasdem.

“Hal itu akan meningkatkan elektoral Nasdem pada Pileg 2024. Nasdem setidaknya akan bertambah jumlah suaranya sehingga menambah kursi untuk mengamankan partainy tetap di Senayan,” imbuh penganat yang juga mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta ini.

Peluang menang itu, menurut Jamil akan semakin besar bila Nasdem berkoalisi dengan Demokrat dan PKS. Sebab, dua partai ini elektabilitasnya belakangan terus meningkat.

“Jadi, Nasdem bersama Demokrat dan PKS dapat mengusung Anies dengan peluang menang lebih besar bila dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Duet ini dari hasil beberapa survei sangat kompetitif untuk bertarung dengan pasangan lain,” imbuh Jamil.

Jadi, duet Anies-AHY tampaknya sangat tepat diusung koalisi tersebut. “Nasdem bila jadi prakarsa duet tersebut tentu akan diuntungkan pada peningkatan elektoral pada Pileg mendatang,” tandas Jamil. (dwi)