Natal

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bakal menerjunkan 2.100 petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan Jakarta saat malam Natal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menjamin tidak terjadi penumpukan sampah selama perayaan Natal di Jakarta. Menurutnya, kesiapan penanganan sampah tetap diskenariokan seperti biasa dengan mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, peralatan, dan armada penanganan sampah.

“Seluruh Suku Dinas tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing,” ujar Asep, Selasa (21/12).

Asep menjelaskan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menurunkan minimal 50 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan yang ditugaskan untuk memastikan rangkaian perayaan Natal di setiap gereja berlangsung dengan baik.

“Mereka akan bekerja sama dengan petugas PPSU Kelurahan setempat,” ucap Asep.

Dikatakan Asep, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobile, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan di malam Natal.

Asep menambahkan, petugas dan armada penanganan kebersihan ditugaskan lebih optimal terutama untuk gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai seperti di Gereja Katedral dan Immanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara.

“Skenario kami tetap pelayanan optimal, petugas juga dilengkapi APD yang memadai,” tandas Asep. (hop)