Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur menyiapkan anggaran sebesar Rp 6,9 miliar untuk pembangunan embung Cakung Timur. Rencananya embung dibangun dengan kedalaman 3-6 meter dengan luas 3,4 hektar.

Kasudin SDA Jakarta Timur Mustajab mengatakan, pembangunan embung Cakung Timur menunggu proses lelang. Namun sambil menunggu lelang, pihaknya sudah mulai melakukan pengerukan lahan menggunakan empat alat berat. Lahan yang digunakan untuk pembangunan embung ini merupakan bekas rawa.

“Saat ini kita sudah mulai lakukan pengerukan. Rencananya kedalaman tiga meter. Kalau kontur tanahnya bagus, ditambah hingga lima atau enam meter,” kata Mustajab, Selasa (22/1).

Menurutnya, untuk awal pengerukan ini menggunakan dana swakelola ditargetkan rampung pada Maret mendatang. Jika selesai dikeruk maka dilanjutkan pembangunan naturalisasi oleh pihak ketiga setelah lelang selesai. Diperkirakan lelang mulai bulan Maret hingga April mendatang.

“Embung Cakung Timur ini untuk mengatasi genangan yang sering terjadi di wilayah RW 06 Cakung Timur dan Jalan Rorotan,” tandasnya. (hop)