Pergelaran Seni Budaya

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 35 komunitas seni budaya, meramaikan kegiatan pergelaran seni budaya di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (22/3). Kegiatan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Legislator DKI Jakarta Fahira Idris, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar, dan sejumlah kepala dinas terkait.

Pantauan di lapangan, sejumlah seni budaya dipentaskan dalam kegiatan yang hanya berlangsung sehari ini. Seperti pergelaran kolosal pencak silat dari sejumlah perguruan di Jakarta. Kemudian Gambang Kromong, Lenong Betawi dan sejumlah pentas seni budaya lainnya. Kegiatan juga diwarnai dengan aksi donor darah yang diprakarsai oleh Ormas Bang Japar selaku panitia kegiatan.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Hendri Wardana mengatakan, kegiatan ini menunjukkan bahwa komunitas seni budaya di Ibukota tetap eksis dan menggeliat meski di masa pandemi.

“Ini sebagai representasi pemulihan kegiatan seni budaya di masa pandemi COVID-19,” ucap Iwan.

Menurutnya, pagelaran ini bisa menjadi titik awal pengembangan pemulihan seni budaya yang ada di DKI Jakarta. Pihaknya terus berupaya mengangkat kembali tradisi budaya khas Betawi.

Sementara Ketua Umum Bang Japar yang juga Legislator DKI Jakarta, Fahira Idris berharap, kegiatan yang diinisiasi Dinas Kebudayaan DKI Jakarta ini dapat menciptakan kedamaian, persatuan dan keselarasan, khususnya di bidang seni budaya.

“Kami bangga, karena walau diterjang masa pandemi, mereka (komunitas seni budaya-red) tetap eksis melestarikan seni budaya tradisional,” tandas Fahira. (hop)