Bluebird

Kastara.ID, Jakarta – Sejarah industri transportasi Indonesia mencatat babak baru dengan diluncurkannya mobil bertenaga listrik sebagai armada baru pada layanan Bluebird dan Silverbird.

Peluncuran armada BYD e6A/T dan Tesla Model X 75D A/T berlangsung di kantor pusat Bluebird Group, di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (22/4). Peluncuran tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Blue Bird
BYD e6A/T
Bluebird
BYD e6A/T

Dalam kesempatan tersebut, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan menegaskan komitmen pemerintah yang akan mendukung pengadaan inovasi mobil listrik yang mampu menekan tingkat emisi. Bahkan, menurutnya, pemerintah akan mendukung tumbuhnya produksi mobil listrik. “Ini kita lihat sebagai transfer teknologi. Kita akan jadi pemain global dalam bidang mobil listrik,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Bluebird Group Holding Noni Purnomo dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya bisa menjadi pionir menghadirkan kendaraan listrik di industri transportasi Indonesia.

“Melalui terobosan inovasi dari kendaraan listrik ini, Bluebird tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan bagi pelanggan,” ujar Noni Purnomo.

“Sebagai salah satu perusahaan transportasi terbesar yang telah melayani masyarakat Indonesia lebih dari 46 tahun, Bluebird terus melakukan inovasi dan terobosan-terobosan baru, sehingga Bluebird dapat menjadi penyelenggara angkutan taksi terdepan di Indonesia,” papar Noni.

Menurut Noni, melalui terobosan inovasi kendaraan listrik, Bluebird tak hanya ingin meningkatkan kualitas layanan dam kenyamanan pelanggan. Namun Bluebird juga berkonitmen mendukung pelestarian lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta.

“Kami yakin akan terwujud dimulai dengan langkah awal, yaitu kehadiran 25 unit BYD dan empat unit Tesla di jajaran produk Bluebird dan Silverbird,” imbuh Noni.

Tesla Model X 75D A/T
Bluebird
Tesla Model X 75D A/T

Noni menambahkan, Bluebird telah bekerja sama dengan World Wide Fund for Nature atau WWF dan Jagha Bumi untuk menggelar program cinta lingkungan, bersamaan dengan pengadaan mobil listrik. Program yang dinamai One Ride One Seed itu memungkinkan satu penumpang taksi akan berkontribusi menyumbang satu pohon yang akan ditanam di bantaran Sungai Ciliwung.

Sementara itu, Direktur PT Bluebird, Tbk, Adrianto Djokosoetono menjelaskan, selain dukungan dalam bidang pelestarian lingkungan, pengoperasian mobil bertenaga listrik ini juga memberikan nilai tambah dalam kaitan dengan program ketahanan dan energi nasional, program pengurangan penggunaan dan subsidi BBM, serta program pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah.

Adrianto menambahkan, dengan pengoperasian sebanyak 200 unit mobil listrik hingga 2020 maka bisa mengurangi 434.095 kg emisi CO2 atau konsumsi bahan bakar sebanyak 1.898.182 liter dan penambahan 2.000 unit mobil listrik pada periode tahun 2020-2025 mengurangi hingga 21.704.760 kilogram emisi CO2.

Dengan rencana pengoperasian sebanyak 200 mobil lstrik hingga tahun 2020, Bluebird akan menghilangkan 434,095 kg emisi CO2 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter. Sedangkan penambahan 2000 unit mobil listrik pada periode tahun 2020-2025 akan menghilangkan 21.704.760 kg emisi CO2 atau setara dengan konsumsi BBM sebanyak 94.909.091 liter.

Taksi Bluebird berbasis listrik ini akan mulai beroperasi pada Mei 2019. Sedangkan program One Ride One Seed akan berlangsung pada Juni 2019. Sedangkan soal tarif, Bluebird telah menetapkan harga yang sama untuk mobil regulernya. “Tidak lebih murah karena saat ini kami belum mendapatkan mobil yang lebih murah, walau charge listrik lebih murah daripada bensin,” ucapnya.

Saat ini, Bluebird telah menyediakan pos-pos pengisian bahan bakar di kantor pusatnya yang berada di Mampang. Bluebird menyediakan teknologi pengecasan cepat atau fast charging dengan daya 40 kV per 25 menit.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) kepada Bluebird sebagai penyedia layanan taksi listrik yang pertama di Indonesia. (dwi)