Milad

Kastara.ID, Jakarta – Warganet dihebohkan dengan video kerumunan di Gedung Grahadi, Gubernuran, Surabaya, Jawa Timur. Video yang diunggah pada Jumat (21/5) itu memperlihatkan acara ulang tahun Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur. Diketahui hari kelahiran keduanya berdekatan.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa berulang tahun pada 19 Mei 2021 dan Wagub Emil Dardak pada 20 Mei 2021. Itulah sebabnya tidak diketahui pesta tersebut merayakan ulang tahun Khofifah atau Emil.

Video yang diunggah di akun gosip Lambe Turah itu memperlihatkan kerumunan orang tanpa menjaga jarak. Terlihat pula sajian makanan yang tertata rapi di meja. Dalam video itu disebutkan acara berlokasi di belakang Gedung Grahadi yang tepat berada di pinggir Kalimas, Surabaya.

Dalam video yang juga diunggah di akun TikTok @iki_suroboyo itu terdengar lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ yang dipolulerkan grup musik Jamrud. Dikabarkan acara tersebut juga dihadiri vokalis Kla Project, Katon Bagaskara.

Kepala Biro Humas Pemprov Jatim Agung Subagyo mengakui adanya acara ulang tahun atau ultah tersebut. Agung mengatakan, acara itu hanya dihadiri para pejabat dan pegawai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim. Jumlahnya pun menurut agung hanya 30 orang ditambah 20 orang pelayan. Sehingga total yang hadir hanya 50 orang.

Agung memastikan pelaksanaan acara ultah selalu memperhatikan protokol kesehatan. Semua yang hadir sudah menjalani tes swab secara rutin. Katering yang menyiapkan makanan juga sudah menjadi langganan Grahadi. Sehingga sudah bisa dipastikan kesehatannya.

Sementara Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono menyatakan dirinyalah yang menjadi inisiator acara ultah ke 56 Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Saat memberikan pernyataan (21/5), Heru memastikan mantan Menteri Sosial (Mensos) itu tidak tahu menahu tentang rencana acara tersebut.

Bahkan sebenarnya Khofifah tidak mau hari lahirnya dirayakan seperti itu. Heru menuturkan, acara tersebut sengaja untuk memberikan kejutan atau surprise kepada Khofifah. Pasalnya selama ini menurut Heru, Khofifah selalu memberikan perhatian kepada stafnya yang ulang tahun. Heru juga mengaku pernah merasakannya.

Agung memastikan acara tersebut tidak melanggar protokol kesehatan. Semua undangan mengenakan masker dan menjaga jarak. Acara pun berlangsung singkat, hanya sekitar 15 menit atau seperempat jam. (ant)