Kastara.ID, Depok – Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Sri Utomo membuka acara Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Tahun 2022 di Kecamatan Pancoran Mas, Jumat (22/7).

Sri Utomo menyampaikan permohonan maaf Wali Kota Depok yang tidak dapat hadir. Kegiatan ini berlangsung untuk setiap tahunnya, dan pada hari ini sudah lima kecamatan yang menjalankan Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan tahun 2022.

“Kegiatan ini berdasarkan peraturan gubernur (Pergub) nomor 20.tahun 2016 serta arahan dari Kemendagri terkait evaluasi kinerja kecamatan. Adapun kecamatan itu adalah terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Sri Utomo.

Masih kata Sri Utomo, untuk setiap tahunnya dilakukan evaluasi sudah sejauh mana sinergitas kecamatan dengan para stakeholder. Adapun menjadi leader adalah Camat. Hasil sinergitas dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder menjadikan masyarakat Pancoran Mas sejahtera.

“Tim.penilai yang saya banggakan dari beberapa unsur OPD sangat membantu sekali agar nantinya ada salah satu dari kecamatan mewakili Kota Depok menuju tingkat provinsi. Lomba ini berkaitan pula dengan namanya Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP ),” jelas Sri Utomo.

SAKIP untuk seluruh kecamatan rata–rata nilai B dan ada kecamatan yang nilainya CC. Untuk itulah agar lomba ini dapat mendorong dan atau mencapai B, walaupun target kecamatan adalah BB.

“Tim.penilai akan mengevaluasi agar yang belum baik menjadi baik dan yang sudah baik minimal dipertahankan atau lebih ditingkatkan. Untuk acara lomba ini bapak Wali Kota Depok sangat concern dan mendukung. Sekali lagi saya ucapkan selamat berlomba, selamat berinovasi, tetap semangat,”pungkas Sri Utomo.

Di tempat yang sama Camat Pancoran Mas Saiful Hidayat mengatakan, di Kecamatan Pancoran mas sendiri menjadi juara pertama inovasi kategori Kecamatan di tingkat Kota, sementara dari PKK Kecamatan Pancoran Mas ada kapling Oma Asih yaitu kader peduli stunting dengan pola makan dan air bersih.

Data stunting di Kecamatan Pancoran Mas yang tadinya agak banyak, alhamdulilaah sekarang sudah berangsur-angsur turun dalam kurun waktu tiga bulan.

PKK Kecamatan Pancoran Mas optimis siap bisa ikuti lomba untuk tingkat provinsi Jawa Barat. (*)