Superbike Indonesia 2021(twitter.com)

Kastara.ID, Roma – Yamaha MotoGP sebenarnya sudah memiliki pembalap lengkap untuk tahun 2023 mendatang.

Pertama ada pembalap Prancis, Fabio Quartararo dengan kontrak 2023 dan 2024.

Kedua adalah pembalap Italia, Franco Morbidelli dengan kontrak 2023.

Tapi, performa keduanya bagai bumi dan langit, Quartararo konsisten di baris depan sementara Morbidelli masih kesulitan di grup belakang.

Karena itu muncul rumor Morbidelli bisa saja diganti setelah kontrak tahun depan habis.

Nama yang disebut adalah juara dunia Superbike 2021 asal Turki, Toprak Razgatliuglu, yang bisa saja menembus Yamaha MotoGP 2024.

Razgatliuglu sendiri sudah sejak tahun lalu dikaitkan dengan MotoGP.

Tapi pembalap Turki itu menegaskan hanya bersedia beralih ke MotoGP jika mendapat tempat di tim pabrikan.

Karena itu, sisa musim ini dan tahun depan akan menjadi kesempatan Morbidelli memperbaiki performa dan hasil agar bisa bertahan.

Pembalap Yamaha di kejuaraan balap ketahanan, Endurance World Championship (EWC), Niccolo Canepa yakin dengan peluang Razgatlioglu sebagai pengganti Morbidelli.

“Selama bertahun-tahun kami telah melihat segalanya. Saya ingat Maverick Vinales menang pada 2021 dan kemudian pergi. Segalanya mungkin,” ungkap Canepa kepada GPOne.com dan dilansir Motorsport.com.

“Di Yamaha, kami semua berharap Morbidelli bisa menunjukkan keahliannya dan secepat seperti 2020. Tapi di sisi lain, apa pun bisa terjadi. Untuk saat ini, saya tidak melihatnya sebagai skenario yang layak,” imbuh Canepa.

Razgatliuglu sendiri pada Juni lalu sudah menyelesaikan tes perdana dengan motor prototipe YZR-M1 MotoGP, yang digelar dalam tes privat di Aragon dengan hasil sangat positif. (tra)