Selain itu, Distamhut DKI Jakarta juga mencatat penanaman sebanyak 4.172.361 tanaman hias pada periode yang sama.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Bayu Meghantara juga merinci, sebanyak 55.345 pohon jenis pohon pelindung dan pohon produktif serta 203.973 tanaman jenis tanaman hias dan tanaman toga ditanam oleh lima wilayah kota administrasi pada periode April sampai Juli 2023.

“Sementara jumlah sisanya ditanam oleh Dinas,” ujar Bayu, Selasa (22/8).

Dia menambahkan, pihaknya melakukan pembangunan Ruang Terbuka Hijau di 23 lokasi tahun ini. Sedangkan penataan RTH dilaksanakan di 44 lokasi.

Bayu menyampaikan, fungsi pepohonan selain menjadi salah satu sumber oksigen bagi kehidupan warga, juga sebagai peneduh dan penyerap polutan.

“Dengan penanaman puluhan ribu pohon dan tanaman ini diharapkan dapat tercipta kota Jakarta yang lebih sejuk dan asri,” kata Bayu.

Bayu menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen menciptakan kota Jakarta yang lebih hijau. Dia menambahkan, Distamhut DKI Jakarta menargetkan lebih dari 10 ribu pohon ditanam khususnya pada areal-areal yang selama ini belum dilakukan penanaman maupun terdampak pembangunan infrastruktur.

“Penanaman pohon merupakan bentuk serta terwujudnya kelestarian lingkungan hidup di Jakarta secara berkelanjutan,” tandas Bayu. (hop)