HBKB

Kastara.ID, Jakarta – Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) yang digelar rutin setiap pekan di sepanjang Jalan Sudirman- MH Thamrin telah memasuki usia 17 tahun pada hari ini.

Inisiator HBKB Ahmad Safrudin mengatakan, HBKB pertama kali dicanangkan dan diuji coba pada 2001 lalu. Setelah dievaluasi, HBKB kembali dilanjutkan pada 2002 hingga kini dengan dukungan dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya.

“Program HBKB ini sangat diminati dan terus berkembang. Di Indonesia, sudah ada sekitar 90 kota besar, bahkan jika ditambah kota kecil ada 200 kota,” ujarnya di acara peringatan ke-17 HBKB Jakarta di Spot Budaya 2, Dukuh Atas, Ahad (22/9).

Sementara itu, Piko (40) salah satu anggota komunitas lari mengaku ingin mendorong agar setiap event lari diselenggarakan di HBKB.

“Kebersihan sudah bagus. Hanya saat ini masyarakat perlu diedukasi soal pembagian jalur seperti sebelah kiri jalur untuk fun walk, sebelahnya untuk lari dan paling kanan sepeda,” tandasnya. (hop)