Sekoper Cinta

Kastara.ID, Depok – Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan peran wanita agar lebih berdaya demi terciptanya ketahanan keluarga. Saat ini program tersebut sudah memasuki minggu keempat.

“Alhamdulillah Sekoper Cinta sudah memasuki pertemuan ke enam, tersisa tiga pertemuan lagi,” tutur Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan dan Pengarustamaan gender Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK), Linda Vergiana usai kegiatan di Masjid Al-Haq RW 02 Bojongsari yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (21/9).

Linda menjelaskan, hari ini materi yang disampaikan terkait penyakit menular pada anak. Seperti penyakit diare, para siswa diberi tahu bagaimana cara pencegahan hingga anak mendapatkan perawatan akhir.

Kemudian, ujarnya, siswa diingatkan pentingnya imunisasi wajib untuk anak saat berusia di bawah satu tahun. Lalu, materi kedua tentang bagaimana mendaur ulang air keruh agar bisa dikonsumsi menggunakan alat sederhana yang ada di sekitar.

“Seperti dengan botol minuman bekas, pasir, kapas, dan arang,” ujarnya.

Ia pun berharap melalui materi-materi yang sudah diberikan oleh fasilitator dapat menambah pengetahuan terkait kesetaraan gender. Serta memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang ketahanan keluarga, penanggulangan bencana dan kelestarian lingkungan.

“Dengan begitu dapat mengubah sikap dan perilaku sehingga tercipta lingkungan yang kondusif menuju kesejahteraan bersama,” tutupnya. (dha)