Ganjil Genap

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta memberlakukan pembatasan lalu lintas dengan sistem Ganjil Genap di Ancol Taman Impian, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Sistem Ganjil Genap berlaku di hari Jumat, Sabtu, dan Ahad mulai 22 Oktober 2021 pada pukul 12.00-18.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, peraturan Ganjil Genap di tiga lokasi wisata berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Kebijakan ini mengacu pada Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1245 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019 dan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 438 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil Genap Pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 COVID-19.

“Sistem Ganjil Genap ini tidak berlaku untuk kendaraan roda dua. Ganjil Genap ini hanya berlaku Jumat sampai Minggu. Kami juga akan menyiagakan petugas dan pos pengendalian mobilitas Ganjil Genap di tiga lokasi wisata itu,” ujarnya (21/10).

Syafrin menambahkan, bagi pengunjung yang sudah membeli tiket masuk jauh hari melalui online sebelum diberlakukannya sistem Ganjil Genap tetap bisa berkunjung ke lokasi wisata dengan menitipkan kendaraannya di lokasi parkir yang tidak jauh dari tempat lokasi wisata.

“Kebijakan ini hanya untuk kendaraan ke dalam tempat wisata. Sehingga masyarakat yang mau melintas tidak terkena kebijakan ini,” tandasnya. (hop)