Ketua Sub Kelompok Pemberdayaan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Susi Andriani mengatakan, penilaian ini dilaksanakan untuk menjaring pemenang lomba tingkat provinsi, setelah wilayah RW 12 Kelurahan Cipinang Melayu terpilih sebagai wakil Jakarta Pusat.

“Hari ini kami nilai kegiatan BPS RW saja. Sedangkan Ahad (27/1) nanti, penilaiannya soal kerja bakti masyarakat,” ungkap Susi.

Menurutnya, Lomba Jakarta Gotong Royong Lingkungan Asri Kota Lestari 2024 ini digelar untuk mengaktifkan kembali pola pengelolaan lingkungan di masyarakat.

Wakil Camat Makassar, Mahfuz Muhammad Zein menilai, RW 12 Cipinang Melayu ini merupakan yang terbaik dalam pengolahan sampah dan kekompakan warga dalam kerja bakti.

“Program pengolahan sampah di sini sudah berjalan efektif untuk gurangi volume sampah yang dibuang ke TPST Bantar Gebang,” kata Mahfuz.

Sementara Ketua RW 12, Aspriyono Hanggo Djalu menjelaskan, program pilah sampah di wilayahnya sudah dilakukan sejak November 2008 silam. Sampah anorganik dipilah dan dikumpulkan di bank sampah yang ada di sekretariat RW sampai sekarang. Kecuali, saat pandemi COVID 19 kegiatan dihentikan.

“Sejak 2008 lalu, jika dihitung sampah yang dikumpulkan mencapai 311 ton dan nilai uangnya mencapai Rp 541,8 juta. Uangnya dikembalikan ke warga yang mengumpulkan sampah,” beber Aspriyono.

Dia mengungkapkan, kegiatan memilah sampah dilakukan setiap Selasa, pekan kedua dan keempat. Sedangkan untuk sampah B3, sampah plastik PE dan kresek dipilah setiap Rabu, pekan pertama.

Selain itu, pihaknya juga sudah memisahkan minyak jelantah (Mijel) sejak Desember 2020 sampai sekarang. Jika dihitung maka jumlah Mijel yang terkumpul mencapai 6.000 liter lebih dan nilai uangnya mencapai Rp 36 juta lebih.

“Warga kami sudah kompak untuk membersihkan dan lingkungan,” tandasnya. (hop)