Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka perayaan malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 Kota Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, semalam (22/6).

Dalam kesempatan tersebut, Anies menekankan tema HUT ke-492 Kota Jakarta yaitu Wajah Baru Jakarta yang bermakna pembangunan Ibu Kota tidak hanya mengedepankan fisik, tetapi juga terdapat gagasan, paradigma, dan visi baru dalam memajukan kota bersama-sama.

“Wajah Baru Jakarta bukan saja soal fisik. Wajah Baru Jakarta adalah soal mindset, cara berpikir, cara pandang. Izinkan dalam kesempatan ini, saya menggarisbawahi, bahwa yang kita bayangkan sebagai Wajah Baru Jakarta adalah menghadirkan keadilan, kedaulatan dalam setiap kebijakan, mengusahakan persatuan, bukan sekadar merayakan keberagaman yang memang sudah menjadi keniscayaan,” ungkap Anies.

Anies turut menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Betawi yang bertahun-tahun membuktikan keramahannya kepada para pendatang di Ibu Kota. Ia menyebut masyarakat Betawi telah menunjukkan sambutan yang hangat dan terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia di Jakarta.

“Itulah yang membuat kota ini menjadi kota yang ramah bagi semuanya. Dan di kota ini pula simpul persatuan dirajut. Di kota ini pula deklarasi-deklarasi penting menyangkut bangsa dan negara dilakukan. Dan ini semua terjadi lagi-lagi karena masyarakat Betawi telah memfasilitasi terjadinya persimpulan antar seluruh unsur bangsa Indonesia,” jelasnya.

Ia berharap Wajah Baru Jakarta membawa perubahan mendasar bagi Ibu Kota agar seluruh elemen masyarakat turut serta dalam membangun Jakarta. Ia mengutarakan, perubahan positif Jakarta selama satu tahun terakhir memperlihatkan pemerintah dan warga berkolaborasi bersama untuk mewujudkan visi Ibu Kota yang maju kotanya, bahagia warganya.

“Izinkan dalam kesempatan ini saya mengajak kepada semua. Mari kita perlakukan Jakarta sebagai kanvas untuk semua. Mari kita lakukan partisipasi. Kami mengundang kepada seluruh warga. Mari lukis kanvas yang hari ini terbuka untuk seluruh warga Jakarta, yaitu kanvas Ibu Kota untuk tampil lebih indah, tampil lebih ramah, tampil lebih lestari kepada semuanya,” tegasnya.

Perpaduan unsur tradisional dan teknologi begitu apik dikemas dalam acara ini. Selain diisi dengan pertunjukan musik, kegiatan malam puncak HUT ke-492 Kota Jakarta ini turut dimeriahkan dengan beberapa tarian dan lagu khas kebudayaan Betawi, video mapping, permainan lampu warna-warni dan video menarik pada air mancur Bundaran HI.

“Hari ini adalah hari di mana seluruh warga Jakarta merayakan ulang tahun kotanya. Tempat ini luar biasa penuh. Ini terjadi atas partisipasi semua. Semoga perayaan ini membuat kita memandang lebih cerah ke depan, menjadikan kota ini milik semua, setara bagi semua, berkeadilan, dan insya Allah kota ini menjadi tempat yang maju kotanya bahagia warganya,” tutup Anies.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, perwakilan Forkopimda, Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya, Kajati DKI Jakarta; serta sejumlah perwakilan Duta Besar negara sahabat, antara lain Amerika Serikat, Rusia, Maroko, Mozambik, Pakistan, Turki, dan Vietnam. (hop)