Kota Termahal Dunia 2021

Kastara.ID, Jakarta – Survei Biaya Hidup Mercer menobatkan Kota Ashgabat di Turkmenistan sebagai kota termahal di dunia untuk pekerja asing pada 2021. Ibukota Turkmenistan ini menempati urutan kedua dalam daftar tahun lalu kini menempati posisi pertama.

Survei tersebut memberikan peringkat 209 kota berdasarkan biaya komparatif pengeluaran termasuk perumahan, transportasi, makanan dan hiburan, dengan New York digunakan sebagai perbandingan dasar.

Sebagian besar yang masuk daftar merupakan pusat bisnis seperti Hong Kong (kota termahal tahun lalu dan termahal kedua tahun ini), Tokyo (nomor empat untuk 2021), Zurich (nomor lima untuk 2021), dan Singapura (nomor tujuh untuk 2021).

Perubahan terbesar dari survei Mercer tahun lalu adalah Beirut naik dari kota termahal ke-45 untuk pekerja asing pada 2020 menjadi kota termahal ketiga untuk 2021.

Mercer menempatkan perkembangan ini pada depresi ekonomi Lebanon, yang diperburuk oleh pandemi covid-19 dan ledakan Pelabuhan Beirut pada Agustus tahun lalu.

Sementara karena Euro naik hampir 11 persen terhadap dolar AS, kota-kota Eropa mendapat peringkat yang relatif lebih tinggi daripada kota-kota di AS. Hal ini menyebabkan New York keluar dari 10 besar Mercer secara keseluruhan, sementara Paris naik peringkat dari nomor 50 pada 2020 menjadi nomor 33 pada 2021.

Demikian pula apresiasi Dolar Australia membuat kota-kota di Australia seperti Sydney dan Melbourne naik peringkat Mercer. Adapun kota termurah untuk pekerja luar negeri, peringkat Mercer menunjukkan Tbilisi, Georgia (nomor 207), Lusaka, Zambia (nomor 208), dan Bishkek, Kirgistan (nomor 209).

Merespons hal itu, Pemimpin Mobilitas Internasional Timur Laut Mercer Vince Cordova mengatakan kepada CNN Travel bahwa peringkat tahun ini juga dipengaruhi oleh perubahan model bisnis setelah pandemi.

“Seiring dengan perubahan jenis penugasan internasional, ini menciptakan perubahan dalam permintaan barang dan jasa tertentu dan profil konsumen yang berbeda,” kata Cordova.

Cordova juga mencatat dampak pemulihan China yang cepat tetapi tidak merata dari covid-19 pada hasil tahun ini. “Ini satu-satunya ekonomi utama yang mencapai pertumbuhan pada tahun 2020,” katanya, menunjukkan ini telah menyebabkan kota-kota China naik peringkat secara keseluruhan.

Berikut Kota dengan biaya hidup pekerja asing termahal 2021:
1. Ashgabat (Turkmenistan)
2. Hongkong
3. Beirut (Libanon)
4. Tokyo (Jepang)
5. Zurich (Swiss)
6. Shanghai (China)
7. Singapura
8. Jenewa (Swiss)
9. Beijing (China)
10. Bern (Swiss). (ant)