RAPBD

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono memberikan jawaban atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan APBD Kota Depok Tahun Anggaran (TA) 2021. Jawaban tersebut disampaikan saat pelaksanaan rapat paripurna DPRD Kota Depok (22/9).

Dalam sambutannya, Imam Budi Hartono menyambut baik terhadap pandangan umum yang disampaikan fraksi-fraksi DPRD Kota Depok. Semua pandangan tersebut merupakan masukan yang sangat berharga sebagai evaluasi atas Rancangan Perubahan APBD TA 2021.

“Masukan yang diberikan sangat berguna untuk proses evaluasi dan perbaikan dalam rangka pelaksanaan kegiatan yang telah tertuang pada Perubahan APBD Kota Depok tahun 2021,” jelasnya seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok.

Selain itu, ungkapnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyampaikan beberapa tanggapan terhadap pandangan fraksi yang sudah disampaikan. Di antaranya terkait penurunan pendapatan pajak daerah, hal tersebut merupakan konsekuensi langsung dari penerapan PPKM yang  mulai diberlakukan Juli kemarin.

Kemudian, ucap Imam Budi Hartono, terkait penggunaan alokasi belanja tidak terduga dapat disampaikan hingga kini tidak hanya digunakan untuk penanganan Covid-19 dan bencana alam. Namun, juga untuk pembayaran santunan kematian dan bantuan sosial tidak terencana untuk warga terdampak bencana alam.

“Juga terkait kebijakan penanggulangan dampak Covid-19, Pemkot Depok telah mengalokasikan anggaran untuk melakukan vaksinasi Covid-19 secara massal. Termasuk dilaksanakan di puskesmas, kecamatan, lingkungan RW,” jelasnya.

“Serta membantu operasional pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh Kodim 0508/Depok dan Polres Metro Depok,” katanya.

Dalam hal ini, ia akan menindaklanjuti masukan yang disampaikan. Untuk selanjutnya dapat dilakukan pembahasan oleh Badan Anggaran DPRD, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dan perangkat daerah Kota Depok.

“Semoga dengan usulan yang disampaikan dapat menjadi evaluasi bersama untuk meningkatkan pembangunan di Kota Depok,” pungkasnya. (dha)