Kastara.id,Depok  – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pancoran Mas dan Percasi Kota Depok berkolaborasi mengelar kejuaraan catur tingkat SD, MI, SLTA, dan Tsanawiyah SE Depok.

Kejuaraan catur tingkat kota tersebut digelar dalam memeriahkan dan menyemarakkan Hari Santri Nasional (HSN) di Pesantren Al Hidayah, Ahad (22/10).

“Event (kejuaraan catur) ini adalah dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan Hari Santri Nasional,” kata Ketua MUI Pancoran Mas Kiyai Arif Rahman Hakim MA.

Pria yang juga pemilik Pesantren Al Hidayah menjelaskan kejuaraan catur junior diselenggarakan MUI Pancoran Mas dan Percasi Kota Depok.

Peserta kejuaraan catur diikuti pelajar se Kota Depok ini pertama diadakan oleh MUI Pancoran mas.

“Kami pengurus MUI Pancoran Mas bekerja sama, sinergitas, kolaborasi dengan Percasi Kota Depok melaksanakan catur junior tingkat SD, MI, SLTP, Tsanawiyah, di Pesantren Al Hidayah,” katanya.

Kiyai Arif Rahman Hakim mengatakan Hari Santri Nasional bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan di pesantren bahwa santri mesti partisipasi aktif untuk memajukan NKRI.

“Negara kita ini memiliki empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD, dan NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Persatu kita teguh bercerai kita runtuh.

“Para santri di sekolah harus meningkatkan patriotisme dan nasionalisme itu yang diharapkan dari santri dia berjuang dengan tinta emas,” ungkap Kiyai Arif.

Di tahun 2023 bertema ‘Jihad Santri Jaya Negeri dengan digelar kejuaraan catur junior kami bersyukur berjalan dengan lancar.

“Pergi ke Jakarta melalui terminal , jangan lupa mampir di Ciomas. Selamat hari santri nasional berkat sinergitas antara Percasi panmas dan MUI Pancoran Mas,” tutup Kiyai Arif dengan pantun.