Kastara.Id,Depok – Pemerintah (Pemkot) Depok akan terus berupaya menjaga keamanan pangan. Dikarenakan Kota Depok baru saja meraih penghargaan Juara I Kota Pangan Aman dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

“Ini merupakan  ikhtiar kita dengan perangkat daerah sesuai arahan  walikota Depok  dan wakil wali kota, bahwa pasar tradisional, restoran, catering, termasuk kantin-kantin itu menjadi titik yang dimonitor kesehatannya.

Penyajian makanan dan bahan pangannya semua dilihat,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri usai  setelah menerima piagam penghargaan Juara I Kota Pangan Aman di Halaman Balai Kota Depok, Senin (23/10).

Masih kata Supian Suri ,yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Pangan Aman Kota Depok, aman pangan artinya pangan yang disediakan di wilayah Kota Depok dijamin keamanannya. Baik dari sisi kesehatan maupun kehalalannya.

“Seperti contoh salah satunya daging . Rata-rata daging yang dijualbelikan di Depok berasal Rumah Potong Hewan (RPH) yang kita siapkan,” terang Supian Suri.

“Kemudian, dari sisi pertanian juga demikian. Semua perangkat daerah kita rutin mengecek terhadap keamanannya, termasuk izin restoran dan kehalalannya,” sambungnya.

Supian menambahkan, jika masyarakat menemukan makanan yang terindikasi tidak aman tapi diperjualbelikan, dapat melaporkan kepada pihaknya. Pihaknya akan memberikan edukasi kepada pedagang yang menjualnya.

“Tapi yang pokok-pokok seperti kantin kita di sini (area Balai Kota), di pasar-pasar yang sudah kita fasilitasi, resto-resto yang sudah berizin dan taat bayar pajak, semuanya sudah teredukasi dan sudah diperiksa oleh pemerintah pusat sebagai tempat yang aman dari sisi pangan dan halalnya,” tutupnya.