Kastara.ID, Phillip Island — Pembalap Prancis, Johann Zarco, secara mengejutkan berhasil keluar sebagai pemenang dalam balapan utama MotoGP Australia yang berlangsung di Phillip Islamd, Sabtu (21/10).

Ini adalah kemenangan perdana Zarco di MotoGP setelah sekian tahun lamanya berada di kelas utama.

Sayangnya, hari bahagia Zarco dirusak oleh sedikit kesalahan teknis penyelenggara MotoGP.

Ketika naik podium untuk merayakan kemenangan, Zarco tak mendengar lagu kebangsaaan Prancis, La Marseillaise diputar karena kesalahan teknis.

Lagu kebangsaat Prancis hanya bisa didengar oleh pemirsa di TV, sementara Zarco dan penonton yang berada di sekitar podium tak dapat mendengarkannya.

Hal ini membuat peraih gelar sangat kecewa, merusak suasana, terlebih ketika meraih kemenangan pertamanya.

“Saya mengatakan kepada presiden Federasi Internasional bahwa itu memalukan karena (lagu kebangsaan) tidak ada di podium dan untuk kemenangan pertama saya di MotoGP, kami ingin mendapat sedikit emosi,” ungkap Zarco kepada media Prancis, Canal+ di Sirkuit Phillip Island, seperti dilansir Motorsport.com.

“Masih senang bisa menghafalnya dan bisa menyanyikannya dengan lantang, sampai akhir, untuk memberikan sedikit penghormatan,” sambung Zarco.

“Bukan karena ini adalah balapan pada hari Sabtu sehingga kami tidak berhak menyanyikan lagu kebangsaan kami. Kami ingin merasakan emosi tersebut hingga akhir dan kami menyadari bahwa terkadang, orang-orang tidak mengatur dengan baik dan merusak momen-momen ini untuk kami,” tandas Zarco.

Balapan utama MotoGP Australia digelar Sabtu (21/10) untuk menghindari cuaca buruk pada Ahad. (tra)