Wagyu

Kastara.id, Jakarta – PT Global Pratama Wijaya eksklusif importir tunggal untuk Japan beef wagyu di Indonesia ikut ambil bagian dalam pameran makanan dan minuman SIAL Interfood 2017 yang berlangsung di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta, 22–25 November 2017.

Keikutsertaan kali ini sekaligus untuk memberikan berbagai peluang bisnis bagi peserta yang hadir dari seluruh dunia guna mempromosikan produknya. “Tentunya ini sangat membantu kami dalam memasarkan daging wagyu Jepang yang saat ini baru terbatas pada wilayah Jabodetabek dan Bandung saja,” kata Managing Director PT Global Pratama Wijaya Johana Koswara.

Daging wagyu asal Jepang ini sangat eksklusif sehingga harganya sangat mahal dibandingkan dengan daging wagyu asal Australia, Amerika, Inggris, Prancis, dan Chili sehingga mengenai harga masih menjadi tantangan yang berat untuk dipasarkan di Indonesia.

Johana menambahkan, dirinya sangat yakin dan optimistis untuk ke depannya walaupun baru dua bulan memasarkan daging wagyu Japan di Indonesia dan masih membatasi quotanya yang kurang dari 2 ton per 6 bulan, dan harus tetap berharap adanya dukungan dari pengusaha hotel dan resto untuk industri kuliner di Indonesia.

Yang menarik dan membuat pangsa pasar akan terbuka lebar dari beef Japan ini adalah tiga karakter utama yang membedakan daging sapi wagyu yang sudah ada yaitu bahwa wagyu asli Jepang tidak ada perkawinan silang, jadi murni daging dari Jepang.

Kedua, tekstur daging yang halus dan lembut dengan serat yang berair dan penyebaran lemak putih seperti marmer jika dimasukkan ke dalam mulut langsung meleleh sebab suhu daging lebih rendah dari suhu ruangan.

Sedangkan yang ketiga adalah rasa dan aroma yang unik seperti kelapa, namun yang mesti diperhatikan oleh para konsumen atau buyer adalah registrasinya. Jika ingin membeli wagyu Jepang dianjurkan untuk memperhatikan logo serta lebel aslinya. (koes)