Kastara.ID, Jakarta – Dalam rangka memeriahkan ajang Formula E di Indonesia yang rencananya bakal digelar pada pertengahan 2020 mendatang, sejumlah kendaraan listrik dan konvensional melakukan aksi keliling DKI Jakarta pada Ahad (22/12).

Bertajuk Rally Wisata 2019, acara resmi dibuka pada Ahad, 22 Desember 2019, pukul 09.00 WIB. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta berkerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta, PT Jakarta Propetindo (Jakpro), serta ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Monumen Nasional, Jakarta mengatakan, tercatat jumlah peserta acara ini mencapai 200-an lebih termasuk kendaraan listrik. Para peserta dibebaskan untuk menggunakan kendaraan apapun, baik itu skuter listrik ataupun motor dua tak. Selain itu, beberapa dari mereka menggunakan kendaraan pribadi, namun ada juga yang disponsori.

Kepala Seksi Kerjasama Keolahragaan Provinsi DKI Jakarta Tomi Ari Sudewo menjelaskan, untuk area konvoi masih berkutat di Jakarta Pusat. Peserta yang menggunakan kendaraan roda empat akan berkonvoi sejauh 50 kilometer. Sedangkan peserta yang menggunakan kendaraan roda dua akan berkonvoi sejauh 25 kilometer.

Tomi mengatakan, perhelatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Jakarta Fun Race 2019 untuk menyambut perhelatan Formula E di Indonesia pada Juni 2020 mendatang.

Menariknya, dalam acara ini seluruh peserta dilarang menggunakan handphone sebagai alat navigasi. Setiap perserta telah ditentukan waktu untuk sampai di tiap pos. Sehingga tidak ada peserta yang kebut-kebutan. Jika peserta datang lebih awal dari waktu yang disampaikan, maka akan mendapatkan penalti. Begitu juga dengan peserta yang datang melebihi waktu yang telah ditentukan.

Dari acara ini diharapkan masyarakat bisa membandingkan kendaraan konvensional yang meninggalkan kepulan asap dan meninggalkan polusi dengan kendaraan listrik yang tidak menimbulkan kepulan asap. (hop)