Kastara.ID, Depok – Dalam peringatan Hari Ibu ke-91 tahun ini untuk tingkat Kota Depok dipusatkan di halaman Balai Kota Depok, Jalan Margonda, Senin (23/12). Uniknya, hampir semua peserta upacara semuanya kaum ibu.

Selaku inspektur upacara, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Yeti Wulandari mengatakan, dirinya mengapresiasi segala perjuangan yang sudah dilakukan kaum perempuan untuk pembangunan daerah. Menurutnya, kehadiran mereka untuk pembangunan, khususnya Kota Depok, sangat besar dan saling melengkapi.

Saat ini Kota Depok semua sektor sudah dikuasai kaum perempuan. Jadi tidak tabu lagi kaum perempuan untuk menduduki jabatan penting di pemerintahan maupun jabatan publik.

Di tempat yang sama Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengatakan, kontribusi kaum ibu sangat besar terutama dalam menghasilkan generasi yang unggul dan hebat. Tak heran, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberikan perhatian yang besar kepada kaum ibu dengan berbagai program dan kegiatan yang ada di tiap Perangkat Daerah (PD) khususnya Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok.

“Termasuk dinas yang membawahi masalah pendidikan ataupun kesehatan. Di sana peran dan masukan dari kaum ibu sangat dibutuhkan,” kata Pradi

Perhatian Pemkot Depok lainnya juga dalam pembinaan ke ibu rumah tangga, seperti di Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS). “P2WKSS ini menjadi salah satu bentuk pembinaan Pemkot Depok untuk membantu dan menopang perekonomian keluarga,” kata Pradi.

Ditambahkan Pradi, Pemkot Depok juga mempercayakan hampir 50 persen jabatan Kepala PD kepada kaum perempuan. Termasuk jabatan publik lainnya seperti Wakil Ketua DPRD Kota Depok yang berasal dari kaum ibu yaitu Yeti Wulandari. (*)