Yudi Syamhudi Suyuti mendeklarasikan Negara Rakyat Nusantara

Kastara.ID, Jakarta – Belum reda masyarakat dihebohkan dengan hadirnya Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire, kejadian serupa kembali muncul. Seorang pria bernama Yudi Syamhudi Suyuti mendeklarasikan Negara Rakyat Nusantara.

Dalam sebuah video di laman YouTube, Yudi menyampaikan pidato tentang Negara Rakyat Nusantara. Anehnya video itu ternyata diunggah pada 27 Oktober 2015 atau lebih dari empat tahun yang lalu. Video itu sudah dilihat oleh 18 ribu orang. 49 orang memberikan tanda suka dan 214 orang menekan tombol tidak suka.

Dalam video itu, Yudi berpidato dengan latar belakang bendera berbentuk garis merah putih dengan lambang bintang dalam kotak hitam di salah satu sudutnya. Kemungkinan bendera itu adalah simbol Negara Rakyat Nusantara.

Di depan tamu yang hadir, Yudi mengusulkan agar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dibubarkan. Pasalnya menurut Yudi NKRI adalah sebuah sistem yang telah membusuk.

Itulah sebabnya dengan hati nurani yang jernih, ia menyatakan membentuk Negara Rakyat Nusantara. Dalam video yang disaksikan pada Jumat (24/1) itu, Yudi menuturkan pihaknya kerap dicurigai akan membuat konflik dan permasalahan baru. Padahal menurutnya Negara Rakyat Nusantara adalah negara yang sedang memperjuangkan dan mewakili rakyat bangsa-bangsa nusantara yang sudah ada sebelum negara Indonesia berdiri.

Sementara Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan, polisi tengah menyelidiki keberadaan Negara Rakyat Nusantara. Polisi menurut Argo, akan melacak siapa yang telah mengunggah video tersebut.

Dalam keterangan pers pada Jumat (24/1), Argo menyebut bahwa polisi juga akan menyelidiki adanya tindakan pidana dalam video tersebut. Jika ditemukan polisi akan melakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku. (ant)