Prancis

Kastara.ID, Jakarta – Prancis buka suara rencana Indonesia beli 48 jet tempur Rafale, empat kapal selam Scorpene, dan kapal perang korvet GoWind buatan mereka.

Duta Besar Prancis di Jakarta, Olivier Chambard, menyambut baik rencana Indonesia untuk membeli puluhan alat utama sistem pertahanan (alutsista) itu. Menurut Chambard, hal lumrah bagi Indonesia untuk mengembangkan kapasitas militer dan pertahanan.

“Indonesia tertarik untuk mengembangkan kapasitas militer dan itu adalah hal natural bagi Jenderal Prabowo bertemu dengan mitra-mitranya di luar negeri termasuk Prancis untuk melihat peluang kerja sama bahkan alutsista seperti apa yang cocok,” kata Chambard di Kedutaan Besar Prancis, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com (22/1).

Sementara media lokal Prancis, La Tribune menjadi yang pertama kali mengungkap rencana Indonesia tersebut. Koran itu bahkan menuturkan lawatan Prabowo ke Paris kemarin adalah salah satunya untuk finalisasi pembelian puluhan alutsista tersebut meski pada akhirnya belum ada kepastian apa-apa.

Lebih lanjut, Chambard mengatakan, Prancis siap membantu Indonesia dalam mengembangkan kapasitas alutsista pertahanan. Kata dia, Prancis tak akan hanya menjual senjata ke Jakarta tapi juga saling bertukar teknologi.

Meski demikian, Chambard menuturkan bahwa negosiasi antara Indonesia-Prancis terkait rencana itu baru penjajakan sebab pembahasan antara kedua negara masih tahap awal. (sud)