E-Reporting

Kastara.ID, Depok – Sebagai upaya pengumpulan data laporan pelaksanaan program kerja, Dharma Wanita Kota Depok (DWP) dibekali pelatihan E-Reporting. Pelatihan ini sesuai dengan instruksi DWP Pusat yang tengah mengembangkan sistem informasi manajemen berbasis data.

Ketua DWP Kota Depok, Siti Barkah mengatakan, program ini sejalan dengan misi DWP poin keempat yaitu mengembangkan sistem informasi manajemen DWP secara terintegrasi. Pengurus dituntut untuk memanfaatkan teknologi yang terus berkembang.

“Masih sering terjadi penyusunan program kerja yang ditumpuk di akhir. Dengan adanya sistem E-Reporting ini, diharapkan bisa mempermudah penyusunan pelaporan kegiatan DWP,” ujarnya di sela kegiatan Pelatihan E-Reporting secara virtual, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (24/2).

Nantinya, kata Cing Ikah panggilan akrabnya, laporan akan dikirim secara berjenjang. Dari tingkat kota, pusat sampai provinsi. Adapun laporan yang dimaksud tidak lepas dari program pembangunan yang dicanangkan pemerintah.

“Mudah-mudahan ini dapat mempermudah Pengurus DWP kelurahan dan kecamatan merapikan administrasi dalam hal pelaporan,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Admin E-Reporting DWP Pusat, Abdul Mufti mengatakan, untuk membuat E-Reporting terdapat tiga kerangka yang bisa digunakan. Yaitu DWP atau Data, What+Where+When+Who dan Publik.

“Artinya, masing-masing pengurus DWP harus bisa menerjemahkan kegiatan dengan sejelas-jelasnya. Seperti di mana kegiatan atau acara, siapa saja yang hadir, berapa peserta dan dukung oleh data yang ada. Laporan ini bersifat public atau dapat diketahui public. Mudah-mudahan setelah kegiatan ini, pengurus DWP Kota Depok bisa menyusun laporan yang sistematis,” tutupnya. (dha)