Diskarpus Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok memiliki dua arah kebijakan prioritas rencana kerja (renja) di tahun 2023. Pertama, kebijakan pembentukan jaringan informasi kearsipan dan yang kedua, peningkatan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan arah kebijakan tersebut disesuaikan dengan tujuan dan sasaran kinerja yang ingin Diskarpus capai di tahun 2023. Yaitu, terwujudnya budaya gemar membaca di Kota Depok dan tersusunnya arsip daerah yang berkualitas tinggi.

“Selain itu, kami juga memiliki enam isu strategis yang menjadi pembahasan untuk rencana kerja di tahun depan,” tutur Siti usai Forum Renja PD Diskarpus di Gedung Perpustakaan Umum Depok, sebagaimana dilansir laman resmi Pemkot Depok (23/2).

Siti menjelaskan, enam isu strategis tersebut antara lain peningkatan perlindungan dan pengamanan arsip vital atau arsip aset dengan efektif. Lalu, terwujudnya peningkatan tata kelola administrasi dan akuntabilitas kinerja yang profesional dan transparan.

“Kemudian, peningkatan perpustakaan digital dan arsip digital. Selanjutnya oplimalisasi pengelolaan arsip sesuai standar kearsipan,” terangnya.

Ada juga, ucap dia, meningkatkan pembudayaan membaca masyarakat. Yang terakhir eskalasi sarana dan prasarana gedung arsip dan perpustakaan sebagai penunjang layanan masyarakat.

“Diharapkan dengan arah kebijakan dan isu strategis tersebut Kota Depok semakin Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” tandasnya. (dha)