Capres

Kastara.ID, Jakarta – Baliho Ridwan Kamil dengan pesan “OTW Jakarta Nihh” mengindikasikan adanya keinginannya untuk maju Pilgub Jakarta.

“Keinginan itu tampaknya tidak berlebihan karena kapasitasnya memang sangat layak untuk menjadi gubernur Jakarta. Kapasitasnya itu bahkan sudah teruji saat ia menjadi gubernur Jawa Barat,” ungkap Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, M Jamiluddin Ritonga di Jakarta, kepada Kastara.ID, Sabtu (24/2) siang.

Menurutnya, Ridwan cukup punya prestasi memimpin provinsi yang penduduknya paling banyak di Indonesia. Bahkan selama menjadi gubernur, ia mampu menurunkan tingkat kemiskinan di Jawa Barat. Industri kreatif juga cukup maju di Jawa Barat.

“Dengan prestasi yang cukup aduhai, tentu sangat layak Ridwan memimpin Jakarta. Prestasinya itu tentu dapat menjadi pertimbangan bagi warga Jakarta untuk memilihnya,” imbuh pengamat yang biasa disapa Jamil ini.

Jamil juga melihat, peluang terpilihnya Ridwan semakin besar karena sebagian besar pemilih Jakarta masuk kelompok rasional. “Tipe pemilih ini umumnya memilih atas dasar prestasi dan integritas calon. Dua kriteria ini dipenuhi Ridwan,” jelas mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini.

Selain itu, penduduk Jakarta banyak berasal dari Jawa Barat dan Banten. Warga kelompok ini memiliki ikatan emosional dengan Ridwan. Karena itu, pemilih tipe emosional ini berpeluang besar akan memilih Ridwan.

“Jadi, pemilih rasional dan emosional sama-sama berpeluang memilih Ridwan. Hal ini setidaknya akan memperbesar kans Ridwan untuk menang bila ia maju di Pilkada Jakarta,” tandas Jamil. (dwi)