IKRA

Kastara.ID, Jakarta – 3.193 keluarga di Jakarta mengikuti kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan I Tahun 2022.

Jumlah partisipasi keluarga pada kegiatan ini melampaui target per triwulan yang telah ditentukan hanya sebanyak 2.000 Kepala Keluarga (KK).

Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispusip) DKI Jakarta, Suryanto mengatakan, kegiatan IKRA yang dimulai sejak 2020 ini bertujuan meningkatkan minat baca dan pengetahuan warga di masa pandemi.

IKRA Tahun 2022 sendiri menargetkan jumlah peserta hingga 8.000 KK. Target ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 4.000 KK.

“Melihat antusias peserta Triwulan I yang melampaui target, kami optimistis peserta IKRA tahun ini akan lebih dari 8.000 KK,” kata Suryanto, Kamis (24/3).

Suryanto menuturkan, dalam kegiatan ini, pihaknya telah menyiapkan ribuan koleksi buku untuk dipinjamkan kepada peserta Gerakan IKRA sebagai bahan pustaka yang dibaca dan diringkas tiap keluarga.

Adapun jenis buku yang disiapkan beruapa buku cerita dan dongeng untuk anak dan buku tentang keterampilan untuk orang tua.

Menurut Suryanto, penyampaian dan pendistribusian buku kepada peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan IKRA didukung pihak kelurahan dan kader PKK.

“Sudin-sudin di wilayah mendistribusikan ke kelurahan, kemudian diserahkan ke kader PKK. Lalu kader PKK mengantar buku-bukunya ke masyarakat,” paparnya.

Ia menambahkan, seluruh keluarga yang berpartisipasi dalam kegiatan IKRA ini akan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat keikutsertaan IKRA. Sedangkan untuk lima peserta terbaik di setiap kelurahan di Jakarta bakal mendapat apresiasi (goodie bag) yang berisi buku dan alat tulis.

“Harapannya, ketika mereka membaca buku ada ide, gagasan atau karya yang muncul dari hasil membaca,” tandas Suryanto. (hop)