Kastara.ID, Depok – Anak-anak bersekolah untuk jarak dan lokasi menjadi salah satu pertimbangan orang tua saat memutuskan tempat sekolah si kecil. Namun, tahukah Anda bahwa jarak antara sekolah dan rumah juga memengaruhi tumbuh kembangnya anak?

Kak Seto Mulyadi selaku permerhati anak mengatakan, sekolah dengan lingkungan yang baik tentu dapat memberikan pengaruh dan efek yang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan seorang anak.

Selain itu juga lingkungan sekolah, orang tua, dan keluarga menjadi faktor penting yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Demikian disampaikan Kak Seto Mulyadi saat menghadiri talk show Musim Sekolah Tiba di Marketing Lounge Podomoro Golf View, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat (24/5).

Menurutnya, jarak antara rumah dan sekolah yang terlalu jauh terkadang akan mempengaruhi yang kurang baik pada kondisi fisik anak. Hal ini bisa menyebabkan anak mudah lelah dan kurangnya semangat

“Jarak tempuh sekolah berpengaruh belajar anak dan konsentrasi belajar menjadi kurang baik. Kalau jarak yang dekat membuat anak memiliki banyak waktu bermain,” paparnya.

Di tempat yang sama Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View Alvin Andronicus berpendapat bahwa sekolah dekat rumah turut membantu meringankan beban orang tua.

“Dari sisi ekonomi, lebih hemat. Sekolah yang jauh membutuhkan biaya transportasi. Misalnya apabila menggunakan jasa antar jemput, maka ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan,” ujar Alvin.

Pemerintah pun mulai memahami kondisi ini dengan menerapkan sistem zonasi menjadi kriteria Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. (*).